TUGAS SOFTSKILL MINGGU KE 3
NAMA KELOMPOK :
- NUR SYAMSUL
( 16113634 )
- MOHAMMAD ILYAS ( 15113627 )
- SUATMAJI PRATIKTO ( 18113651 )
- LINGGA BASKARA ( 14113998 )
1.
Fitur pada antar muka telematika :
-
Apa
yang dimaksud dengan antarmuka
-
Fitur pada antar muka pengguna telematika
2.
Teknologi
yang terkait antar muka telematika :
-
Head-up
displays system
-
Tangible
interface
-
Computer vision
-
Browsing
audio data
-
Speech
recognition
-
Speech
synthesis
3.
Middleware
telematika :
-
Tujuan umum
-
Lingkungan komputasi
-
Kebutuhan
middleware
-
Contoh
– contoh middleware
4.
Manajemen
data telematika :
-
Manajemen
data sisi klien
-
Manajemen
data sisi server
-
Manajemen
database system perangkat bergerak
Jawab :
Apa yang
dimaksud dengan antarmuka?
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang
disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan
sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan
langsung dengan pengguna.
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi
antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat
menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada
pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai
ditemukan suatu solusi.User interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan
baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan
penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh
step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu
sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam
memakai atau menjalankan sistem, interaktif, komunikatif,
Fitur pada antarmuka pengguna telematika
a. Head Up Display System
Head Up Display (HUD) merupakan
sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya
untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari
alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat
(head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian
instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang
HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi
lainnya.
b.
Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang
disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan
informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User
Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi
Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media
Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu
memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat
dimanipulasi dan diamati secara langsung.
c.
Computer Vision
Computer Vision (komputer visi)
merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan
pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk
membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra
(gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video,
pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil
pemindaian medis.
d.
Browsing Audio Data
Browsing audio data adalah
kemampuan mesin untuk mencari data dengan menggunakan input audio. Suatu ketika
kita mendengarkan sebuah kilasan lagu dan kemudian kita merasa terkesan dengan
lagu tersebut. Meskipun kita hanya mendengarkan secara sekilas, tetapi membuat
kita ingin tahu lagu siapakah itu? Browsing audio data pada suara tidak seperti
browsing teks pada tulisan. Hal ini disebabkan perbedaan sifat antara tulisan
dan suara. Pada tulisan, apa yang ditulis bisa tetap ada secara permanen
tertulis sedangkan pada audio atau suara sifatnya hanyalah sementara
maksudnya setelah bunyi suara terdengar maka selanjutnya suara tersebut
akan menghilang. Karena sifat suara yang tidak permanen itulah maka untuk
melakukan pencarian dalam audio data harus selalu dilakukan pengulangan dalam
membunyikan suara tersbut.
e.
E.Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal
suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer
(computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika
yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang
digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih
untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk
komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal
pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk
mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan
istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
f.
Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan
manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer
dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem
text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan
g. Video Conference
Layanan video conference
merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real time.
Teknologi yang digunakan untuk layanan video conference komersial pada awalnya
dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch Digital Network) dengan
standar H.320.
Tujuan sebuah user interface
adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti
dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat
efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua
barangkali kedua tertua setelah gesture yang dipakai orang untuk berkomunikasi
sehari-harinya. Praktis semua pengguna komputer dan Internet kecuali mungkin
anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca dapat mengerti tulisan.
Meski pada umumnya panduan user interface menyarankan agar ikon tidak diberi
tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user interface lain
seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah
kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun
kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa
bersifat universal.
Manajemen Data
Telematika
Menurut DAMA (Demand Assigned Multiple Access)
Manajemen data adalah pengembangan dan penerapan arsitektur, kebijakan,
praktik dam prosedur yang secara benar menangani siklus hidup lengkap data yang
dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Jadi , manajemen data telematika merupakan
prosedur yang menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh
perusahaan dengan bantuan telematika.
- Manajemen Data Sisi Klien
Mobile DBMS (Embedded/Ultra
tiny/Java Database)
Merupakan suatu DBMS yang
terdapat pada peralatan bergerak (mobile device). Mobile DBMS adalah versi
khusus dari sebuah departemen atau perusahaan DBMS. Ini dirancang untuk
digunakan dengan remote pengguna yang biasanya tidak terhubung ke jaringan.
DBMS memungkinkan mobile akses database lokal dan modifikasi pada laptop atau
perangkat genggam, seperti PDA atau PocketPC Palm. Selanjutnya, mobile DBMS
menyediakan mekanisme untuk sinkronisasi perubahan basis data jauh terpusat,
perusahaan atau departemen server database.
- Manajemen Data Sisi Server
MODBMS (Memindahkan Obyek DBMS)
Adalah sebuah DBMS yang menyimpan
dan mengelola informasi lokasi serta dinamis lainnya informasi tentang obyek
bergerak. MODBMS memungkinkan seseorang untuk mewakili benda-benda
bergerak dalam database dan untuk menanyakan pertanyaan tentang gerakan
tersebut. Daerah MODBMS merupakan bidang yang belum dijelajahi relatif terhadap
RDBMS atau DBMS Spasial di mana beberapa karya yang telah dilakukan dalam
standarisasi dan komersialisasi. Ada beberapa penelitian prototipe untuk MODBMS
seperti DOMINO tetapi hanya sedikit produk MODBMS komersial
-
Manajemen Database Sistem
Perangkat Bergerak
Sebuah sistem manajemen basisdata
relasional atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai relational database
management system (RDBMS) adalah sebuah program komputer (atau secara lebih
tipikal adalah seperangkat program komputer) yang didisain untuk
mengatur/memanajemen sebuah basisdata sebagai sekumpulan data yang disimpan
secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar